Minggu, 13 Juni 2010

SOAL ILMU NEGARA

1. Dari definisi Ilmu Negara yang saudara ketahui , kesimpulan apa yg saudara dapatkan belajar ilmu Negara tersebut ? Jelaskan !

Jawab : Yang saya dapatkan setelah belajar ilmu Negara ialah ilmu Negara adalah ilmu yang menyelidiki atau mempelajari Negara secara abstrak(tidak konkret),umum(tidak khusus),serta universal(menyeluruh).

2. Pada prinsipnya tidak ada ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri satu sama lain selalu memiliki keterkaitan , coba saudara Jelaskan hubungan ilmu Negara dengan ilmu – ilmu lainnya yang Saudara ketahui ? Jelaskan

Jawab :

a. .Hubungan ilmu Negara dengan ilmu politik

Hubungannya ialah kedua ilmu itu merupakan pokok dalam berdirinya suatu Negara,ilmu Negara berfungsi untuk mempelajari Negara secara menyeluruh sedangkan ilmu politik bertujuan mempelajari Negara dalam bentuk pemerintahan hingga keduanya sulit untuk dipisahkan.

b. Hubungan ilmu Negara dengan ilmu hukum tata Negara(HTN)dalam arti luas

Hubungannya ialah ilmu Negara dapat memberikan dasar-dasar teoritis untuk HTN yang positif,sebagai hasil penerapan dari pada ilmu Negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang sudah terikat oleh tempat maupun waktu tertentu .

c. .Hubungan ilmu Negara dengan ilmu perbandingan HTN

Hubungannya ilmu negara yang bersifat teoritis dan umum itu akan merupakan bahan dan dasar bagi penyelidikan HTN .

3. Ilmu Negara sbg ilmu pengetahuan memiliki keterkaitan / hubungan dekat dengan HTN dan HAN , coba saudara kaitkan hubungan antara ilmu Negara dengan ketua hukum tersebut ?

Jawab :

Hubungan ilmu Negara dengan Hukum Tata Negara dengan Hukum Adminitrasi Negara ialah tujuan dasarnya yakni mempelajari Negara secara menyeluruh dengan metode masing – masing dalam setiap ilmu tersebut .

4. Menurut Victor Situmorang dalam ilmu Negara , Negara itu memiliki ciri – ciri tertentu coba sebutkan ciri – ciri yang dimaksud ?

Jawab :

Ciri – ciri Negara ialah :

a. Memiliki wilayah yang tidak di klaim oleh Negara lain .

b. Memiliki rakyat dan pemerintahan yang diakui oleh Negara lain .

5. Ada perbedaan yang menyolok hakekat Negara menurut Kranenburg dengan Logemann . Coba saudara jelaskan perbedaan pendapat antara kedua sarjana tersebut dan menurut Saudara yang factual saat ini menurut siapa ? Jelaskan .

Jawab :

a. Menurut Kranenburg ; Bangsa itu menciptakan organisasi jadi adanya atau terbentuknya organisasi itu tergantung pada bangsa .

b. Menurut Logemann ; Organisasi itu menciptkan bangsa maka bangsa inilah yang tergantung pada organisasi .

Menurut saya yang factual saat ini ialah pendapat dari Krenenburg karena pada masa sekarang Negara / bangsa lebih berperan penting dalam pembentukan organisasi , contoh : KPU , KPK dll.

6. Coba saudara jelaskan unsur – unsur Negara modern sekarang ini dan mengapa dilihat secara cermat selalu mengalami dinamisasi atau penambahan ? Jelaskan .

Jawab :

Unsur Negara modern :

a. Harus ada rakyatnya

b. Harus ada daerah tertentu

c. Harus ada pemerintahan yang berdaulat

d. Harus ada pengakuan dari Negara lain

e. Harus ada tujuan negara

Unsur Negara modern mengalami dinamisasi / perubahan dalam sebelumnya karena merupakan tuntutan di dunia yang menginginkan tujuan pembentukan suatu negara agar apa yang dicita – citakan Negara tersebut dapat terwujud .

7. Pengertian pemerintah memiliki arti yang berbeda – beda tergantung darimana sudut pandang dilihatnya . Coba saudara jelaskan arti pemerintah menurut saudara dari berbagai sumber yang Saudara ketahui ?

Jawab :

Menurut saya pemerintahan ialah segala sesuatu yang dapat mengatur , menjalankan serta menjadi sumber kekuasaan tertinggi dalam tatanan masyarakat dalam suatu Negara .

8. Menurut sumber yang saudara peroleh tujuan Negara dapat dikelompokkan menurut abad XIX dan abad XX , coba saudara bedakan tujuan Negara yang menyolok antara kedua abad tersebut dan menurut saudara abad XXI ini lebih cenderung yang bagaimana ? Jelaskan .

Jawab :

Tujuan Negara yang menyolok dari abad XIX dan abad XX ialah pada abad XIX mengenyampingkan pendidikan / pengajaran kepada rakyat dan lebih mengutamakan pertahanan Negara beserta isinya .

9. Ditinjau dari teori fungsi Negara ditemukan berbagai macam teori antara lain Trias Politika , Catur Praja dan Dwi Praja . Dari ketiga teori tersebut pada hakekatnya bermaksud untuk apa ? Jelaskan .

Jawab :

Pada hakekatnya Teori Trias Politika , Catur Praja dan Dwi Praja bertujuan untuk mengatur Negara sebagai pembuat aturan yang sifatnya wajib ditaati oleh setiap orang yang ada dinegara itu .

10. Cara menjalankan kekuasaan yang legalitas dan cara kepemimpinan yang dapat diterima oleh seluruh masyarakat karena kebijaksanaan mengemban amanah kekuasaan tersebut dapat berubah menjadi kewibawaan . Coba saudara jelaskan berbagai macam kewibawaan yang saudara ketahui ?

Jawab :

a. Kewibawaan sebagai pemimpin yang dihargai oleh orang yang dipimpinnya karena sang pemimpin memiliki sifat tegas dan bijaksana.

b. Kewibawaan sebagai orang yang lebih tua dan dihargai oleh orang lebih muda darinya karena dianggap sebagai panutan . Apabiala dia memiliki sifat yang baik .

11. Kedaulatan merupakan kekuasaan tertinggi dalam suatu Negara , selain itu di dalam Negara tidak ada lagi . Coba saudara jelaskan hakekat kedaulatan itu mengandung beberapa unsur ?

Jawab :

Unsur – unsur yang terkandung dalam kedaulatan Negara ialah kekuasaan . Jadi negaralah sumber kedaulatan suatu Negara , karena itu Negara ( dalam arti government = pemerintahan ) , dianggap mempunyai suatu hak yang tidak terbatas terhadap Life , Liberty dan Property dari warganya .

12. Menurut ajaran kedulatan ada berbagai macam , sebutkan berbagai macam teori kedaulatan tersebut dan menurut saudara sekarang ini yang dapat diterima oleh seluruh masyarakat dunia yg mana ? Jelaskan .

Jawab :

Menurut ajaran kedaulatan ada 4 teori yang diketahui , yaitu :

a. Teori kedaulatan Tuhan

b. Teori kedaulatan Raja – raja

c. Teori kedaulatan Negara

d. Teori kedaulatan Hukum

Sekarang ini yang dapat diterima oleh seluruh masyarakat dunia adalah teori kedaulatan Hukum karena baik raja atau penguasa maupun rakyat dan warga Negara bahkan Negara itu sendiri semuanya tunduk kepada hukum .

13. Sangat menarik dicermati ajaran Teori Cyklus Polybius , coba saudara jelaskan teori yang dimaksud dan dimana titik lemahnya teori tersebut ?

Jawab :

Jika dicermati ajaran Teori Cyklus Polybius ialah kalau terjadi perubahan / pergantian system pemerintahan dalam siklus yang digambarkannya ada system monarchi , Teokrachi , Ariskikachi , Demoicachi dan Tirani . Polybius mengatakan “ bahwa system itu selalu berputar dan berganti – ganti “ .

Titik lemah dari Teori Cyklus Polybius ialah akan selalu melakukan pergantian system pemerintahan yang bisa bersifat positive bahkan bisa juga bersifat negative .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar